Rabu, 03 Juni 2015

Kecamatan Tana Lili

  SEJARAH
     
            Sobat, perlu anda ketahui sejarah terbentuknya KecamatanTana Lili mulai dari zaman penjajahan  dunia kolonial Belanda dan Jepang di [ indonesia ]. Mungkin sobat belum mendengar/membaca artikel tentang sejarah ini, namun di,sini saya akan menjelaskan sedikit sejarah singkat di tana lili pada zaman tempo dulu sebelum dan sesudah menjadi sebuah kecamatan.



           Nah .. ! Kemarin saya sudah menjelaskan beberapa proses singkat terbentuknya kecamatan tana lili, karena itu saya akan mengulang sebagian artikel kemarin ( yahh .. sempat sobat lupa lagi ).  Maka dari itu dengan ucapan Bissmillahiarrahmanirrahim saya akan melengkapi artikel itu
disini :
       - Kecamatan Tana Lili (nama setelah pemekaran) adalah salah satu daerah dari Kerajaan Luwu yg terletak di wilayah timur bone-bone dan wilayah utara burau. Asal Usul nya dari pemerintahan sipil di ilhami berdasar sebuah Kerajaan. Yah inilah di sebut Kerajaan Luwu ( sebelum luwu bergabung di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang disebut dengan istilah NKRI ). Kerajaan ini di pimpin oleh Raja Luwu yg disebut dengan nama DATU LUWU.

Kepemimpinan Datu Luwu di kepalai oleh Andi Kambo Opu Tenrisompa sekitar tahun 1902 silam pada era penjajahan Jepang di sebut pada saat itu adalah (pemerintahan militer).Dengan seiring berjalannya waktu beliau (Andi kambo opu tenrisompa) wafat, maka kerajaan luwu di lanjutkan oleh anaknya sendiri yang di angkat menjadi Datu/Pajung Luwu untuk melanjutkan pemerintahan yang bernama Andi Djemma pada tahun 1950. Disinilah di bentuk wilayah bagian Luwu
1. Afdeling Palopo
2. Afdeling Masamba
3. Afdeling Malili
4. Afdeling Makale & Rante pao (Tanah Toraja
5. Afdeling Kolaka.

Dan setelah Andi Djemma menyatakan bergabung dengan NKRI, maka pemerintah pusat  memberi nama untuk wilayah LUWU dengan slogan DAERAH TINGKAT II (dati II). yg terbagi menjadi 16 distrik, meliputi : Wara, Larompong, Suli, Bajo, Bastem, Walenrang, Limbong, Sabbang, Malangke, Masamba., Bone-Bone, Wotu, Malili, Mangkutana, Nuha.
(sumber: http://sejarahtanahluwu.com)
- singkat saja
Kita langsung ke permasalahan. Pada dasarnya perlu anda ketahui bahwa pembagian wilayah dati II pada saat itu yang menyangkut kecamatan/Gallareng  di bone bone adalah gallareng tamuku, namun di pusatkan di desa Bone Bone. Wilayah Gallareng Tamuku pada saat itu meliputi 10 Desa di antaranya : Desa Lampuawa, Kaluku, Katulungan, Salu Lemo, Bone-Bone, Tamuku, Patila,  Rampoang, Munte,  Bungadidi. Inilah ke sepuluh desa yang pertama bisa dikatakan desa tertua di Kecamatan Tanal Lili, kec. Bone-Bone dan kec. Sukamaju. (sekarang@2015).

 Seiring berjalannya waktu,  akhirnya Masamba berdiri sendiri dari wilayah DATI II dan terbentuklah sebuah Kabupaten yang  di sebut Kabupaten Luwu Utara pada tanggal 20 Bulan 04 Tahun 1999  di pusatkan di Kota Masamba kini .
Disinilah awalnya Pemerintah menetapkan wilayah dengan PPUU.RI.No.13 Tahun 1999
Dengan wilayah meliputi : Sabbang, Baebunta, Rampi, Seko, Limbong, Masamba, Malangke (pattimang), Malangke Barat, Mappideceng, Sukamaju. Bone-Bone. 

Setelah kini Bone-Bone sudah berkembang pesat dan keadaan penduduk yang begitu padat akhirnya camat bone-bone periode 2011-2013 bapak JAHIR, S. Sos Berinisatif memekarkan kecamatan ini yang bertujuan untuk mempercepat pembagunan daerah dan mempermudah pelayanan administrasi pemerintahan kepada masyarakat, maka  Beliau membentuk panita pemekaran kecamatan  agar pelaksanaan tekhnis pemekaran dapat segera di tindak lanjuti, dengan melewati beberapa proses akhirnya usulan pemekaran di terimah oleh Pemerintah Pusat dan megeluarkan surat  PP.UU.RI.No.13 Tahun 2012, dengan Dasar hukum UUD PERDA : No. 01 Tahun 2012 dan UUD PERBUP : No 19 Tahun 2012.  tentang pembentukan kecamatan tana lili, yang diresmikan pada tanggal 5 Juni 2012 di pusatkan di desa bungapati, dusun minna, tana lili, luwu utara. dengan Luas dan Batas wilayah sebagai berikut :
 - LUA& BATAS

Luas                    : 155,1 km2
Batas :
           Utara       : berbatasan dengan Kabupaten Luwu Timur
           Timur      : berbatasan dengan Kabupaten Luwu Timur
           Selatan    : berbatasan dengan Teluk Bone
           Barat       : berbatasan dengan Kecamatan Bone - Bone
(sumber : Data Administrasi Kantor Camat Tana Lili)

kemudian ada yang bertanya,  apa  arti nama kecamatan tanalili    ?
      
Nah ini juga yang ada dalam pikiran saya, apa dan darimana. maka dari itu saya akan menyempatkan untuk membahas pertanyaan ini. sebelum membahas saya sedikit menjelaskan bahwa artikel ini adalah artikel yang memang saya dapat dari beberapa sumber,bisa jadi ini adalah termasuk artikel resmi. okey .. langsung saja : 

SelamaMembaca
Terimakasih masih meneruskan pembacaan artikel ini di sarankan agar anda mengamati setiap kalimat dari artikel ini.

Disini saya akan menjelaskan arti nama dari tana lili, tapi sebelum itu kita harus tahu! Siapa pencetus nama dari Tana Lili? 

Langsung saja- nama tana lili di cetuskan/di usulkan oleh To Makaka Rampoang dan di terima oleh sebagian panitia pemekaran kecamatan tana lili.
Tapi sempat juga pembahasan nama kecamatan ini jadi rumor pro (tidak setuju ) dan kontra (setuju) di kalangan tokoh masyarakat dan panitia pemekaran, yang sempat menghambat pemekaran kecamatan tana lili.

Dari pihak pro : nama kecamatan ini harusnya bernama Bone-Bone Timur dan dari pihak kontra : nama nya harus Tana Lili. 
Mengapa  ?
Alasan Dari pihak pro bahwa kecamatan ini adalah pemekaran dari bone bone jadi nama bone bone harus tercantum di kecamatan baru ini, 
Sedangkan Alasan dari pihak kontra bahwa kecamatan ini adalah tanah yang  diistimewakan ( dulunya setiap orang yang ingin memasuki daerah ini harus seizin To Makaka rampoang patila ).
Dengan beberapa fase musyawarah mufakat yang di lakukan oleh camat pada waktu itu JAHIR, S.Sos tahun 2012 dengan menghadirkan semua kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan sejajaran pemerintahan daerah yang terkait, dll. Maka di putuskanlah nama kecamatan ini adalah Tana Lili.

Tambahan : 
Ada dua versi pengertian nama tana lili yang pernah saya dengar 
Yang :

1. Sudah saya jelaskan di atas (versi to Makaka )

2. Tana lili berarti tanah yang dulunya tidak berpenghuni/tanah tak bertuan ( versi To Sudia / keturunan to makaka bernama Mambui (nenek janggo) beliau adalah saksi hidup '2015' yang mengetahui proses terbentuk nya daerah ini pada jaman penjajahan jepang-belanda dan beliau ini adalah orang yang lahir dimana pusat pemerintahan pertama tana lili di bentuk yang terletak di lolo iyo desa Rampoang pada saat itu yang sekarang berada di dataran desa Karondang. Setelah memisahkan diri dari desa Rampoang. Hingga kini lolo iyo adalah sebuah dusun di desa karondang. 

Tapi ini tidak jadi masalah buat kita sekarang. Apalah arti sebuah nama jika kita tidak ikut serta melestarikan budaya, alam dan daerah kita.  

Kaula Muda  .. ayooo semangat junjung tinggi idealis pancasilasatukan tekaduntuk bangsa dan negara.
Sudah panjang lebar saya menerangkan pembahasan ini, sejauh ini kita sudah sampai di pembahasan Etnis budaya kecamatan tana lili. 


anda masih ingin tahu etnis budaya kita di kecamatan tana lili . Baca sekarang

-    Nama - Nama  Desa di Tana Lili
               
           nama nama Desa di lingkup kecamatan tanal lili adalah sebagai berikut :


 Etnis Budaya 

Sebelum kita lanjut sedikit saya menjelaskan pengertian dari etnis itu sendiri, ada banyak pengertian dari etnis, tapi disini saya hanya merangkum pengertian etnis dari beberapa sumber.
Dengan singkat dan padat pengertian Etnis menurut saya adalah pengelompokan suku, ras, budaya, agama dalam suatu daerah. 
Setelah anda mengetahui pengertian dari etnis menurut versi saya, sekarang di artikel ini saya akan mengklarifikasi etnis budaya di kecamatan tana lili sebagai berikut :
I.  U
   
          - LUWU

         - TORAJA

         - JAWA

         -  PAMONA

         - RONGKONG

         - BALI, dan

         - Suku lainnya dari berbagai daerah di indonesia yang jumlah nya bisa di hitung jari.

II.  A

          - ISLAM (mayoritas)

          - KRISTEN ( Katholik, protestan, pante kosta. atfhen )

          - HINDU,
 - Jumlah Penduduk Kecamatan Tana Lili 
     Pada tahun 2012 sampai 2015 jumlah penduduk di tana lili bertambah pesat dan akan di data setiap bulan. Ini di lihat dari data statistik desa desa terkait yang di rangkum  di kantor camat tana lili di bagian kependudukan dan capil.

Lihat di bawah ini : 

Tahun 2015
April )
 .Jumlah Penduduk               =    41256 jiwa
*Laki-Laki              =    27. 734 jiwa
*Perempuan            =    13. 522 jiwa     
KK                       =      7211
(sumber : data administrasi kantor camat tana lili)

Semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih.
Salam Hormat @blogger@Muhammad Resdi Pandi/Nāgāzukhė
@blogger 
Artikel ini di buat untuk sebuah pengetahuan sejarah kita.mungkin artikel tidak lengkap, jika ada tambahan dan saran silahkan kirimkan komentar anda.Terimakasih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sedikit tambahan .
Sejarah Tanalili sangatlah panjang ,, Tanalili diambil dari kata palili , ( daerah taklukan Luwu) dengan cara penaklukan cappa laso / mempersunting anak penguasa, sebelum masuk jadi palili Luwu nama daearahnya adalah Takkebiro,di era Batara Lattu ,, di era Sawerigading Takkebiro berpusat di kau-kau , akhirnya Takkebiro berubah nama jadi kau-kau, di kau-kau terjadi perselisihan yang akhirnya Kau-kau berubah nama manjadi Loloiyo, karna yang berkuasa pada saat itu adalah Loloiyo, setalah terbntuk Kab Luwu Utara Loloiyo masuk dalam wilayah desa Rampoang, kec. Bone-Bone setelah itu terbentuk pemekaran desa Loloiyo masuk dalam desa Karondang sampai sekarang,